PT Angkasa Pura II
(Persero), selanjutnya disebut “Angkasa Pura II” atau “Perusahaan” merupakan
salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang usaha pelayanan
jasa kebandarudaraan dan pelayanan jasa terkait bandar udara di wilayah
Indonesia Barat. Angkasa Pura II telah mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah
Republik Indonesia untuk mengelola dan mengupayakan pengusahaan Pelabuhan Udara
Jakarta Cengkareng yang kini berubah nama menjadi Bandara Internasional Jakarta
Soekarno-Hatta serta Bandara Halim Perdanakusuma sejak 13 Agustus 1984.
Keberadaan Angkasa
Pura II berawal dari Perusahaan Umum dengan nama Perum Pelabuhan Udara Jakarta
Cengkareng melalui Peraturan Pemerintah Nomor 20 tahun 1984, kemudian pada 19
Mei 1986 melalui Peraturan Pemerintah Nomor 26 tahun 1986 berubah menjadi Perum
Angkasa Pura II. Selanjutnya, pada 17 Maret 1992 melalui Peraturan Pemerintah
Nomor 14 tahun 1992 berubah menjadi Perusahaan Perseroan (Persero). Seiring
perjalanan perusahaan, pada 18 November 2008 sesuai dengan Akta Notaris Silvia
Abbas Sudrajat, SH, SpN Nomor 38 resmi berubah menjadi PT Angkasa Pura II
(Persero).
Berdirinya Angkasa
Pura II bertujuan untuk menjalankan pengelolaan dan pengusahaan dalam bidang
jasa kebandarudaraan dan jasa terkait bandar udara dengan mengoptimalkan
pemberdayaan potensi sumber daya yang dimiliki dan penerapan praktik tata
kelola perusahaan yang baik. Hal tersebut diharapkan agar dapat menghasilkan
produk dan layanan jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat sehingga
dapat meningkatkan nilai Perusahaan dan kepercayaan masyarakat.
Kiprah Angkasa Pura
II telah menunjukkan kemajuan dan peningkatan usaha yang pesat dalam bisnis
jasa kebandarudaraan melalui penambahan berbagai sarana prasarana dan
peningkatan kualitas pelayanan pada bandara yang dikelolanya.
Angkasa Pura II
telah mengelola 13 Bandara, antara lain yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta),
Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak),
Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif
Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Iskandarmuda (Banda
Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati
Amir (Pangkal Pinang) dan Silangit (Tapanuli Utara).
Angkasa Pura II
telah berhasil memperoleh berbagai penghargaan dari berbagai instansi.
Penghargaan yang diperoleh merupakan bentuk apresiasi kepercayaan masyarakat
atas performance Perusahaan dalam memberikan pelayanan, diantaranya adalah “The
Best BUMN in Logistic Sector” dari Kementerian Negara BUMN RI (2004-2006), “The
Best I in Good Corporate Governance” (2006), Juara I “Annual Report Award” 2007
kategori BUMN Non-Keuangan Non-Listed, dan sebagai BUMN Terbaik dan Terpercaya
dalam bidang Good Corporate Governance pada Corporate Governance Perception
Index 2007 Award. Pada tahun 2009, Angkasa Pura II berhasil meraih penghargaan
sebagai 1st The Best Non Listed Company dari Anugerah Business Review 2009 dan
juga sebagai The World 2nd Most On Time Airport untuk Bandara Soekarno-Hatta
dari Forbestraveller.com, Juara III Annual Report Award 2009 kategori BUMN Non-
Keuangan Non-Listed, The Best Prize ‘INACRAFT Award 2010’ in category natural
fibers, GCG Award 2011 as Trusted Company Based on Corporate Governance
Perception Index (CGPI) 2010, Penghargaan Penggunaan Bahasa Indonesia Tahun
2011 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, penghargaan untuk Bandara
Internasional Minangkabau Padang sebagai Indonesia Leading Airport dalam
Indonesia Travel & Tourism Award 2011, dan Penghargaan Kecelakaan Nihil
(Zero Accident) selama 2.084.872 jam kerja terhitung mulai 1 Januari 2009-31
Desember 2011 untuk Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, serta berbagai
penghargaan di tahun 2012 dari Majalah Bandara kategori Best Airport 2012 untuk
Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru) dan Bandara Sultan
Mahmud Badaruddin II (Palembang), kategori Good Airport Services untuk Bandara
Internasional Minangkabau dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta Terminal 3
(Cengkareng) dan kategori Progressive Airport Service 2012 untuk Bandara
Internasional Soekarno-Hatta Terminal 3 (Cengkareng)
Sebagai Badan Usaha
Milik Negara, Angkasa Pura II selalu melaksanakan kewajiban untuk membayar
dividen kepada negara selaku pemegang saham. Angkasa Pura II juga senantiasa
berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan perlindungan konsumen
kepada pengguna jasa bandara, menerapkan praktik tata kelola perusahaan yang
baik, meningkatkan kesejahteraan karyawan dan keluarganya serta meningkatkan
kepedulian sosial terhadap masyarakat umum dan lingkungan sekitar bandara
melalui program Corporate Social Responsibility.
VISI, MISI & NILAI-NILAI
PERUSAHAAN
Visi
The Best Smart Connected
Airport in the region
The best smart connected airport in the region
memiliki makna bahwa bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura II menjadi
bandara yang terhubung ke banyak rute atau tujuan baik di dalam maupun di luar
negeri, sesuai dengan status masing-masing bandara (bandara
domestik/internasional). Connecting time dan connecting process baik untuk
penumpang maupun barang harus bisa berjalan dengan mudah dan tanpa sekat.
Bandara-bandara APII juga sepenuhnya menjadi bandara yang pintar (smart) dengan
memanfaatkan teknologi modern. Region yang dimaksud dalam visi adalah Asia.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa visi Angkasa Pura II adalah menjadi bandara
dengan konektivitas tinggi ke banyak kota atau negara dan mempergunakan teknologi
modern yang terintegrasi dalam operasional bandara dan peningkatan pelayanan
penumpang.
Misi
1. Memastikan keselamatan dan keamanan sebagai prioritas utama
2. Menyediakan infrastruktur dan layanan kelas dunia untuk mendukung
perkembangan ekonomi Indonesia melalui konektivitas antar daerah maupun negara
3. Memberikan pengalaman perjalanan yang terpercaya, konsisten, dan
menyenangkan kepada seluruh pelanggan dengan teknologi modern
4. Mengembangkan kemitraan untuk melengkapi kemampuan dan memperluas
penawaran perusahaan
5. Menjadi BUMN pilihan dan memaksimalkan potensi dari setiap karyawan
perusahaan
6.
Menjunjung tinggi tanggung jawab sosial perusahaan
7. Untuk keperluan komunikasi dan publikasi dapat mempergunakan pernyataan
misi :
8. “Kami mendorong seluruh karyawan dan mitra untuk memberikan pengalaman
bepergian yang aman dan nyaman bagi pelanggan.”
9. “We bring the best of our people and partners to deliver safe and
pleasant travel experience to our customers.”
Nilai-Nilai Perusahaan
Angkasa Pura II juga memiliki nilai-nilai atau
budaya perusahaan yang akan terus ditumbuhkembangkan dalam setiap insan Angkasa
Pura II. Nilai atau budaya perusahaan adalah PERFORM :
We support our country's development and offer the
best Indonesian experience to the World
We talk less and do more, we implement new ideas
fast
We commit personally on delivering results
We focus our efforts on what matters the most
We always take the perspective of our customers in
everything we do
We treat everyone with respect
We recognize and reward achievements
KONTAK
PT Angkasa Pura II (Persero)
Building 600
Soekarno-Hatta International Airport
PO BOX 1001/BUSH
Jakarta 19120 Indonesia
Soekarno-Hatta International Airport
PO BOX 1001/BUSH
Jakarta 19120 Indonesia
Telp: 1500 138
Email: [email protected]
Facebook: AP II Contact Center
Twitter: @contactap2
Website: https://www.angkasapura2.co.id
Email: [email protected]
Facebook: AP II Contact Center
Twitter: @contactap2
Website: https://www.angkasapura2.co.id
0 Response to "PT Angkasa Pura II (Persero)"
Posting Komentar